Apa yang ada dalam benak pembaca melihat gambar itu? Tempat apa kah itu? Jika pembaca adalah warga medan tentunya sudah tahu tempat yang saya maksudkan. Temat itu dikenal dengan nama Marian Shrine Of Annai Velangkanni Medan atau singkatnya sering disebut velangkani saja oleh warga sekitar. Bangunan ini terletak di jalan Sakura III No. 10 Tanjung Selamat Medan. Tempatnya sendiri tidak jauh dari rumah kontrakan ku saat ini (daerah Pasar Melati). Cukup ditempuh dalam waktu 10 menit kalau menggunakan transportasi umum-angkot. Biaya juga tidak mahal, cukup Rp 2.000 saja, saya bisa menyaksikan tempat yang unik. Bagaimana tidak unik, saat melihat bentuk bangunan saya tidak akan menyangka itu adalah Gereja Katolik. Bangunan yang menyerupai pura tentunya tidak akan disangkakan oleh ku atau mungkin yang baru kali pertama melihatnya adalah sebuah tempat ibadah umat katolik. Untuk masuk ke lokasi sendiri tidak dibatasi umur jenis kelamin atau pun agama. Saya rasa siapa saja bisa melihat lokasi, karena kita tidak ada melewati penjagaan saat di pintu masuk. Dilihat dari dekat, ternyata tidak hanya bangunan menyerupai pura, ternyata sisi bangunan juga ada yang menyerupai mesjid dan juga kuil. Ternyata, dari penjelasan yang saya baca mengenai pembangunan gereja itu,memang ada pembangunan di desain demikian untuk simbolisasi persatuan ke-5 agama yang berbeda di negeri ini. Unik memang, dan bukan hal biasa yang saya pernah temui. Tapi saat berada di sana, kesan khusuk sendiri tidak saya dapatkan, entah mungkin juga dipengaruhi bagian-bagian abngunan yang berbeda jdai saya tidak merasa sedang dalam gereja.
Tapi apapun pandangan saya itu, hanya lah dari pendapat pribadi semata tidak ada niatan untuk mempengaruhi yang lainnya. Silahkan berkunjung, dan temukan kesan masing-masing. Tempat yang unik ini juga sangat cocok diabadikan. Segala sudut penjuru diberbolehkan untuk diabadikan, hanya jika sudah masuk ke dalam gereje biasanya akan dilarang dilakukan pengambilan foto.

Related Post :