Untuk meraih sukses dalam bidang usaha dagang, sebagi penjual kita perlu mengetahui atau mempelajari hal-hal yang bisa memberikan input kepada kita untuk menjadi pedagang yang benar.
Seperti yang dikemukakan Dr. Buchari dalam bukunya "Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa", sebagai penjual perlu untuk mengetahui tipe-tipe pembeli, dan bagaimana kita sebagai penjual bisa menghadapi beragam tipe pembeli tersebut. Simak uraian berikut.

Beberapa Tipe Pembeli
1. The Decided Customer
Merka ini telah mengetahui dan memutuskan apa yang akan dibeli dan penjual harus cepat melayani dan mengambilkan barangnya. Dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dan memberi keterangan harus merupakan keterangan yang bersifat khusus, tidak perlu memberikan keterangan yang bersifat umum. Kalau langganan itu tidak terlalu tergesa-gesa, maka kemungkinan penjual juga bisa menjual barang-barang yang lain.

2. The Know it All Customers
Ini tipe pembeli yang mengetahui segalanya, dialah yang bercerita kepada penjual. walaupun apa yang diceritakannya itu belum tentu sepenuhnya benar, tetapi penjual tidak perlu membantahnya. Penjual dapat memberi keterangan-keteranganyang tepat secara bijaksana dengan menempuh cara yang tidak langsung dan inibisa mempengaruhi sikap pelanggan tersebut.

3. The Deliberate Customers
Pelanggan tipe ini menghendaki faka-fakta yang kadang-kadnag advis tentang konstruksi dan cara-cara penggunaan barang yang akan dibelinya. Pelanggan ini banyak mengambil waktu untuk mempertimbangkan setiap pembelinya.

4. The Undecided Customers
Pembeli ini tidak dapat memutuskan ukuran, warna dan barang yang akan dibelinya. Tugas penjual disini adalah mencoba menentukan apa sebenarnya yang dibutuhkan pembeli itu dan membantunya mengambil keputusan. Setelah penjual menunjukkan berbagai macam barang harus pula dengan cepat menyingkirkan barang-barang yang tidak menarik perhatiannya. Dengan demikian perhatiannya dipersempit agar lebih mudah baginya mengambil keputusan.

5. The Talkaktive Customers
Pembeli tipe ini sengan ngobrol, tetapi tidak mengarah kepada pembelian. jika pada saat tidak sedang banyak pembeli lain maka penjual bisa melayani obrolan pembelit adi dan mengarahkannya untuk membeli suatu barang.

6. The Silent Timed Customers
Pembeli ini merasa agak canggung di dalam toko, dan merasa takut kalau-kalau kekurangtahuannya akan suatu barang diketahui penjual jika dia mengajukan beragam pertanyaan. Penjual haruslah berhati-hati melayani tipe pembeli ini, jangan menunjukkan sikap ataupun kesan bahwa memang si pembeli tidak mengetahui apapun mengenai barang yang hendak dibelinya.

7. The Decide But Mistaken Customers
Pembeli ini sudah memutuskan untuk membeli suatu barang sebelum dia masuk ke dalam toko anda. Tetapi barang yang ingin dibelinya ternyata ada versi yang lebih baik di toko anda. Sebagai penjual, tidak perlu berdebat dengan pembeli dan menyodorkan referensi barang yang anda punya.

8. The I Get Discount Customers
Ini adalah pembeli yang sengan dan menghendaki adanya potongan untuk setiap barang yang akan dibelinya.

Setelah mengetahui beragam tipe pembeli di atas, penjual juga perlu membekali diri dan beradaptasi menjadi penjual yang disenangi mereka, para pembeli. Sifat-sifat penjual yang disenangi pembeli antara lain:
1. Jujur dalam memberikan informasi Barang yang dijualnya
2. Mengetahui secara rinci mengenai kualitas dan hal detail mengenai barang jualannya.
3. Cepat dalam menganggapi apa yang dibutuhkan Pembeli
4. Pripadi yang menarik (terampil dalam melayani, bersahabat, tidak memperlihatkan kejengkelan, mudah ternsenyum dan, sopan santun, periang, penuh perhatian, informatif)


Related Post :