Menjadi orang yang bisa menyenangkan orang lain memang lah bukan hal yang bisa dianggap enteng. Mengapa? Jelas dikarenakan setiap orang memiliki persepsinya masing-masing akan sesuatu yang dianggap menyenangkan dan yang tidak.
Belum lagi jika seseorang itu sedang tidak dalam mood yang baik, bukannya tertawa tapi malah diomelin. Susah juga yah,,niat baik memang belum tentu bersambut baik pula. Tapi bukan berarti tidak perlu beramah tamah atau perduli sesama. Bukan berarti pula, alasan ini menjadikan kita pribadi yang cuek bebek. Kita tetap bisa kok menjadi orang yang hangat tanpa harus menyinggung orang lain, asal kita bisa sedikit peka saja terhadap beberapa situasi seperti berikut:
  1.  Lihat situasi target. Apakah dia dalam mood yang positif atau sebaliknya. Dengan begitu kita bisa menempatkan diri kita.
  2.  Perduli yang berlebihan. Hal ini ada baiknya dihindari, apalagi jika target belumlah menjadi orang yang bisa dikatakan kita kenal dengan baik. Kita akan dianggap kepo jika rasa perduli ini kita tujukanuntuk orang yang bisa dikatakan hanya mengenal nama atau dari sosial media. 
  3. Jadilah Pendengar yang baik bukan Pembicara banyak. Maksudnya, ketika kamu diperhadapkan pada posisi teman yang lagi butuh teman bicara, maka tempatkanlah dirimu menjadi pendengar saja.Bukan orang yang dengan semangatnya memberikan wejangan berlebih, karena akan terkesan mengguruinya dan membuatnya merasa semakin tertekan. 
  4. Patuhi Kemauannya, bukan kemauanmu. Perselisihan kerap terjadi karena adanya perasaan bahwa seseorang harusnya sesuai dengan apa yang dipikiran kita. Sekalipun pikiran kita itu benar. Tapi untuk menghindari perselisihan yang tak berarti, kita memang dituntut untuk menjadi orang yang mengerti. Mengalah tidak akan mengecilkan kedudukan kita, sedangkan bersikap ngotot juga tidak akan menaikkan kedudukan kita. Untuk mencapai keharmonisan tersebut dengan point plus dikenal dengan label pribadi yang menyenangkan memang butuh kesabaran ekstra dan kepekaan yang tinggi terhadap sesama. Meskipun tidak mudah, paling tidak kita jangan menjadi orang yang menyebalkan dengan sikap keegoisan kita atau sikap yang terlalu mengusik orang lain. Salam Sejahtera.

Related Post :