"Pembeli adalah Raja"
Ungkapan itu tentunya sudah tidak asing lagi kita dengar. Dalam benak tertumpuk beberapa opini yang mendukung mengapa ungkapan itu menjadi suatu prinsip yang harus diterapkan bagi setiap penjual barang maupun jasa. Dan beberapa opini itu ternyata sudah diuraikan terlebih dahulu oleh Dr Buchari Alma (1992) dalam bukunya yang berjudul "Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa".
Sebelas (11) pernyataan beliau mengenai prinsip The Customer is King ialah :
1. Pembeli adalah orang penting dalam dunia usaha.
2. Pembeli tidak tergantung pada kita, justru kita tergantung padanya.
3. Pembeli bukan pengganggu terhadap pekerjaan kita tetapi sebaliknya sebagai tujuan usaha.
4. Pembeli berbuat kepada kita sebagai suatu hal yang menyenangkan, janganlah kita berbuat sesuatu yang tidak menyenangkan.
5. Pembeli adalah sebagian dari usaha kita dan kegiatan kita.
6. Pembeli bukanlah sebuah benda beku, tetapi ia adalah seorang manusia berdarah daging dengan perasaan dan emosinya, seperti kita sendiri.
7. Pembeli bukanlah lawan berdebat, tetapi kawan-kawan bersahabat.
8. Pembeli seseorang yang membawa kebutuhan kepada kita, dan ini adalah pekerjaan kita untuk memenuhinya.
9. Pembeli orang yang harus dilayani dan dimengerti dengna penuh perhatian yang dapat kita berikan padanya.
10. Pembeli adalah orang yang memungkinkan membuat keuntungan bagi pendapatan kita.
11. Pembeli adalah jiwa penghidupan dunia usaha..