Membangkitkan kepercayaan diri memang susah-susah gampang. Mengapa saya berkata demikian? Ya, terkadang saya akui, saya akan sangat percaya diri jika saya berjalan mengenakan baju yang bagus, sepatu yang cantik, dengan aksesoris-aksesoris mewah yang melekat di badan saya. Dalam hal ini, kepercayaan diri saya didukung faktor materi. Dalam kata lain, ntuk kalangan yang kategori di atas berkecukupan, sangatlah jarang mengalami yang namanya krisis kepercayaan diri. Tak dapat dipungkiri, apa yang kita kenakan, bagaimana gaya hidup yang kita miliki akan membantu meningkatkan kepercayaan diri. Apalagi jika menyangkut pergaulan di kalangan anak muda masa kini. Materi berpengaruh besar terhadap timbul tidaknya kepercayaan diri. Orang yang memiliki materi akan dengan mudah diterima khalayak, tapi tidak sebaliknya bagi orang yang materinya pas-pasan. Tapi jangan takut, kepercayaaan diri masih bisa dibangun dari berbagai segi, persoalan materi hanyalah faktor pendukung sementara.

Yuk simak penjelasan berikut:

1) Sadari, Kamu itu berharga.
Penting sekali menanamkan nilai positif dalam diri kita, bahwa kita berharga. Jika pikiran selalu positif pasti akan lebih mudah untuk kita menjalani segala sesuatu. Tidak ada beban yang harus dipikul, karena yang selalu kita yakinkan bahwa semuanya baik-baik saja.
Meski akan ada suatu waktu kita temui orang yang jelas sekali merendahkan kedudukan kita, ingat saja, manusia bisa berkata apapun, tapi Yang Maha Kuasa selalu menganggap kita berharga, karena kita ciptaanNYa, adalah bagian dariNYA.

 2) Kembangkan Potensimu/ Talentamu
Hal yang bersifat motivasi seperti poin yang pertama memang kadang kala akan susah untuk diterapkan, apalagi ketika kita dalam level terpuruk.Tapi masih banyak cara yang bisa diterapkan untuk memulihkan kepercayaan diri. Salah satunya dengan memaksimalkan potensi atau talenta kamu.Setiap manusia diciptakan Tuhan bukan tanpa tujuan. Baik yang terlahir sempurna secara fisik, maupun yang berkekurangan. Lihat saja saudara-saudara kita yang berkebutuhan khusus ( Penyandang Down Syndrom), pada umumya ada kelebihan yang bisa dikembangkan dari mereka di balik segala kekurangannya. Jika ada yang belum mengetahui kira-kira bakat terbesar apa dalam diri, tanyakan lah orang terdekat, yang paling mengenalmu, kelebihan apa yang mereka lihat dari dirimu. Biasanya tidak akan jauh dari hal-hal yang kamu sukai. Dengan tampilnya dirimu dengan bakatmu yang membanggakan banyak orang, pasti lah akan menambah kepercayaan dirimu. Meski tidak bermateri lebih, kamu bisa melakukan hal yang spesial yang belum tentu orang lain bisa lakukan.

3) Stop Mengeluh, Syukuri Apapun Yang Ada Padamu
Keminderan muncul pada dirimu, karena kamu selalu membandingkan dirimu dengan orang yang di atas mu. Sesekali lihat lah ke bawah, lihat lah masih banyak orang yang tidak seberuntung kamu. Saat itu juga, Bersyukurlah. Masih ada hal lebih yang dipercayakan untuk kamu miliki dibandingkan mereka yang di bawah. Namun ada pula, sebagian orang yang melihat ke atas, namun menjadi motivasi positif untuknya, bahwa dia juga bisa sesukses orang yang dilihatnya. Niat positif ini dijadikannya cambuk untuk terus mengembangkan diri hingga mencapai level yang dia ingini. Hal ini sangat baik, selama cara yang dijalani pun tidak merugikan pihak mana pun.

Akan masih ada cara-cara yang bisa kita terapkan untuk terhindar dari krisis kepercayaan diri di luar dari ketiga poin di atas. Dan apapun caranya, tetaplah ingat untuk berada dalam jalur yang benar.

Best Regards ~ Enny F. Simanjuntak


Related Post :