apa yang kamu baca di sini, adalah berdasarkan pengamatan penglihatanku, pendengaranku, mengenai apa yang tertuliskan di judul dengan scope di Indonesia terkhususnya di daerah sekitar dimana aku sedang berada.dan ku dedikasikan untuk memperingati Indonesia's Independence day.

di sini, ku cuma mencoba memaparkan saja, dan gak ada maksud untuk memicu konflik antar SARA.

SARA adalah singkatan sari Suku, Agama, Ras dan Antar Golonga. dan salah satu negara yang memiliki masyarakat yang kaya akan SARA yaaa Indonesia.
terdiri dari ribuan pulau, yang dimasing-masing pulau tinggal beragam suku yang pastinya juga beragam bahasanya, agaamanya, dan kepentingan golongannya. hanya saja, rasanya keberagaman ini masih sangat sulit untuk diterima dengan hati yang tulus dan niat untuk menghargai keberagaman itu.

buktinya apa????
yaaa, buktinya seperti yang sering aku saksikan dengan mata telanjang ataupun melalui media massa, media electronik dan lain sebagainya yang memberitakan adanya perang suku, adanya pengrusakan terhadap rumah ibadat suatu agama, ataupun bentrok pendapat antara sesama pemuka agama, dan pastinya masih banyak lagi contoh2 yang dapat dikaitkan dengan judul.

apa yang terjadi ini kan karena tidak adanya rasa persaudaraan yang kental dan mendarah daging. mungkin saja, kalo ditanyakan ke pribadi tiap individu pasti jawabannya "yaa...menghargai donkkk, namanya kita Bhineka Tunggal Ika, landasan Negara juga Pancasila" atau "pastinya aku menghargai umat yang lain". semuanya manis di mulut tapi pada kenyataannya?????
konflik yang menyangkut SARA masih saja didapati di berbagai daerah di INDONESIA.

dan yang ku perhatikan, diantara SARA itu, perbedaan AGAMA lah yang paling mencolok. Sensinya luar biasa. terbukti dari pengamatanku di cyber world ini, kalau ada artikel yang berbau Agama, pasti banyak pembaca yang memberikan komentar. bahkan tidak jarang sesama pembaca bertengkar komentar untuk membela agamanya. (jadi lebih menarik membaca pertengkaran komentar daripada berita yang disajikan).

di Indonesia sendiri, agama yang mayoritas itu adalah agama ISlam, di susul agam Kristen. dan kecapkali agama yang dua inilah yang sering cekcok.

aku sendiri menganut agama Kristen. dan sering sekali merasa kesal dengan ulah segelintir pihak yang berhubungan dengan agama Islam. Apalagi kalo berbicara tentang forum yang bernafaskan Islam "FPI". aku tidak tau kenapa forum ini begitu sensitf, seakan-akan kewenangan beragama di Indonesia ini sepenuhnya milik mereka.
contohnya seperti yang terjadi di saat2 bulan Ramadhan seperti ni. mereka menuntut selama bulan Ramadhan tidak ada usaha yang bergerak di bidang makanan boleh membuka usahanya di siang hari.

apa itu tidak terlalu egois???
membatasi rezeki beberapa pihak itu namanya kan.

apa FPI ini tidak mengingat adanya umat lain di Indonesia ini??? apa FPI ini tidak mengindahkan keberagaman yang ada di negeri ini????

nah seandainya mereka menutup usahanya, mereka mau makan apa selama sebulan ini???? apa tu tidak terpikirkan oleh mreka??

haruskah mereka yang berpuasa, orang lain yang tidak puasa pun seolah-olah diharuskan untuk berpuasa????

adil gak sihhh?????

jujur, aku sendiri terpancing emosi membaca artikel yang isinnys "FPI meminta warung ini- warung itu tutup".

dan image ku terhadap agama itu jd buruk meskipun aku percaya gak semua umat islam setuju dengan tindakan FPI itu.

dari contoh ini, aku sendiri mengakui "Agama" itu adalah hal dengan sensifitas yang tingggi. buktinya, aku terpancing emosi, dan FPi pun sepertinya terpancing emosi, karena mendapati ada warung yang buka di siang hari dan menganggapnya sebagai tindakan tidak menghormati umat islam. mreka lalu memberi peringatan dan memungkinkan untuk meutup secara paksa.

kalo hal ini berkembang terus, lambatlaun akan terjadi perpecahan. Indonesia tidak lagi berlandaskan Pancasila.

dari kenyataan ini pun aku mau belajar untuk tetap memegang makna yang tersurat ataupun tersirat dalan PANCASILA. sesusah apapun itu aku berjanji untuk terus mencoba. mengahargai perbedaan memang sulit sekali, apalagi ketika perbadaan itu sedang muncul ke permukaan. jika semakin di intervensi maka akan seperti bom yang dapat meledak kapan saja.

PANCASILA itu Indah. Pancasila itu Rumah kita, Indonesia. yukkk saling mengharagai satu dengan yang lain, dan Indonesia akan tetap satu. Happy Independence day Indonesia! 




GBU
REGENNY

Related Post :