Jejaring Sosial seperti fenomena di dunia ini. Tidak begitu mengikuti juga seperti apa perkembangannya. Namun dari hasil browsing di google saya mendapat beberapa  informasi yang berbeda mengenai situs jejaring pertemanan pertama yang diciptakan.

Sumber wikipedia menyatakan bahwa situs pertama ialah Sixdegrees.com yang mulai muncul pada tahun 1997. Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan mengirim pesan. Setelah Sixdegrees, baru lah bermunculan jejaring-jejaring sosial lainnya.
Namun informasi lain yang saya dapatkan menyatakan Usenet lah situs pertama yang muncul yaitu pada tahun 1979. Usenet adalah sebuah jejaring server yang terletak secara terdesentralisasi di seluruh dunia. Dengan membagi informasi di sebuah server dengan server lain di jejaring tersebut, informasi tersebut akan terkirim dengan sendirinya ke server di seluruh jaringan.
Jadi, pesan atau informasi yang disampaikan akan tersimpan di sebuah server pengirim, dan terkirim ke seluruh server penerima di penjuru dunia.

1. Friendster
Saya sendiri mengenal jejaring pertemanan berawal dari friendster, inilah akun sosial pertama saya. Antusias saya cukup besar ketika saya bergabung dengan akun ini, saat itu dengan akun ini saya bisa seru-seruan dengan teman kampus saya. Friendster juga memiliki beberapa fitur-fitur yang menarik. yang paling saya sukai pada saat friendster masih digemari adalah fitur bloggingnya. selain saya yang suka menuliskan apapun yang ingin saya tuliskan di situ, saya juga suka membaca blog-blog yang menarik milik orang lain.

2. Facebook
Seingatan saya, friendster tidak bertahan lama setelah kemunculan jejaring sosial yang masih bertahan hingga tulisan ini dibuat yaitu Facebook. Mark dan tim benar-benar mengemas akun ini secara apik, banyak fitur-fitur yang menyenangkan tersedia di sini. Mark juga selalu membuat perubahan atau inovasi terhadap akun ini. Ini juga lah yang membuat Facebook bertahan sampai sekarang bahkan menurut saya masih sangat diminati orang-orang. di samping fasilitas yang ditawarkan, kekurangan atau fasilitas yang menganggu menurut saya adalah, adanya game-game, ribuan jenis game bisa tersambung kepada akun ini. dan saya sangat terganggu ketika saya yang tidak hobi main game harus mendapatkan undangan-undangan dari teman-teman di akun saya untuk ikut bermain. Dan hal lain yang mengganggu saya adalah iklan-iklan teramat banyak di akun ini. Terlepas dari itu semua, FB masih menjadi akun yang paling sering saya buka dibanding akun-akun lain yang saya punya.

3. Twitter
Adalah akun ke-3 yang saya miliki. Awal sign in ke akun ini, saya dibingungkan dengan fitur-fiturnya. penggunaannya tidak semudah FB, tingkat privasinya juga minim. siapa saja bisa melihat akses akun orang lain dari belahan dunia mana pun. dan saat ingin membuka akun ini via mobile phone, saya direbetkan dengan keharusan mengkopi,dan menempelkan kembali saat saya ingin membalas komentar pada timeline. Namun kemudahan untuk mengakses akun ini lah yang menguntungkan bagi seleb-seleb untuk mendatangkan jutaan followers. bahkan menjadi kebanggaaan tersendiri ketika seleb itu memiliki followers lebih banyak dibandingkan dengan seleb-seleb lainnya.

4. Badoo
Akun yang saya ikuti dikarenakan banyak sekali undangan yang masuk ke email saya. setelah mendaftar barulah saya tahu persis seperti apa akun ini. Unggulan di akun ini tentunya fasilitas chattingnya. Bisa komunikasi dengan siapa saja di negara mana saja yang ikut bergabung di akun ini. Saya meninggalkan akun ini, dikarenakan hanya lelaki saja teman yang bergabung dengan saya, dan kebanyakan dari mereka sudah seumuran Bapak kandung saya, namun tingkahnya sangat membuat saya risih. Mungkin mereka ini lah yang dikategorikan laki-laki hidung belang. ckckckckkckk

5. Netlog
Akun lain yang saya ikut regis dikarenakan undangan yang masuk lewat email juga. Banyak fitur menarik yang ada di akun ini. Hampir sama dengan yang ada di FB, hanya saja istilah yang digunakan berbeda. Akun ini juga memberikan ruang untuk si pengguna mengkreasikan akunnya untuk bisa terlihat menarik sesuai keinginan pengguna tanpa batas. ada template-template yang sudah tersedia yang bisa digunakan, namun pengguna juga bisa membuat templatenya sendiri (seperti blogspot). Namun awal kemunculan akun ini ada fitur untuk upload video, beragam jenis video bisa masuk tanpa tersaring konten video seperti apa yang diunggah. Tak jarang juga saya dapati video-video pornografi di akun segelintir orang dari negara *****
Ini bisa mencemari pengguna yang sebenarnya tidak ada niat untuk melihat, namun karena terpampang, dan ada rasa penasaran maka terklik lah video tersebut (curhat). Yang menarik dari akun ini juga adanya fasilitas backstage yang bisa dibeli atau di momment tertentu diberikan gratis kepada pengguna untuk menambahkan icon2 menarik saat berkomentar di blog teman, buku tamu, foto dan di fitur lainnya.

So guys, jejaring mana yang lebih kamu favoritkan? pasti masing-masing punya pendapat tersendiri berdasarkan kepentingan masing-masing individu.
yang terpenting, saat bergabung dengan akun-aun pertemanan apapun itu, bergabunglah dengan motivasi yang positif, tidak untuk merugikan khalayak tertentu.
GOD SPEED

Related Post :