Masa ujian adalah masa dimana kebanyakan para belajar benaf-benar menfokuskan dirinya untuk belajar. hahahhaaa....ayoo....pada ngaku....???? Masa sebelum ujian sendiri terlewati dengan begitu santai. Hanya mengerjakan tugas jika ada tugas yang akan dikumpulkan keesokkan harinya. Mengulang pelajaran di rumah? Saya yakin tak banyak pelajar yang melakukan hal ini, selain mereka yang tahu betul bagaimana mempersiapkan memory pada otak dengan benar.

Membaca dan menghapal habis materi sebelum hari H- ujian berlangsung, harusnya bukanlah menjadi persiapan satu-satunya untuk menghadapi ujian. Persiapan itu penting adik-adik. Perlu diketahui, kemampuan menyerap setiap orang itu berbeda-beda, makanya adik-adik perlu mengetahui seberapa jauh daya tangkap kalian untuk mengerti suatu materi pelajaran.Beruntunglah bagi kalian yang kemampuan menghapalnya itu tidak memakan waktu yang lama. Nah, bagaimana dengan adik-adik yang susah menghapal? Jangan kuatir, selalu ada jalan bagi yang punya semangat. Nih silahkan dibaca penjabaran setiap poin dalam penjelasan di bawah ini. Semoga bisa membantu kalian untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian. Ingat ya adik-adik, Jangan Mencontek. Mencontek mungkin memang menolong, tapi itu penipuan. Buat apa punya raport dengan nilai bagus tapi bukan hasil pemikiran kita sendiri. ya kan? Mencontek itu termasuk kategori mencuri. Adik-adik tidak ingin jadi pencuri kan?
Ini caranya untuk terhindar dari niat untuk mencontek.


1. Buat Catatanmu MenarikHal yang indah dipandang mata, akan memberikan ketertarikan sendiri untuk kita melihatnya lebih lama lagi. Makanya penting untuk membuat catatan pelajaran sekolah itu rapi, dan menarik. Untuk poin-poin penting dalam sebuah materi, kamu boleh mencatatnya dengan warna yang berbeda, atau diberi stabilo. Sehingga saat kita membukanya di lain hari, warna-warna tulisan itu akan memudahkan kita untuk mengetahui poin penting yang perlu diingat untuk suatu materi. Nah kalau catatanmu datar hanya berwarna hitam, kamu harus membaca keseluruhan isi catatanmu untuk mencari hal yang perlu kamu hapal. Ribet kan? Jangan lupa untuk menjaga kebersihan buku catatanmu, hindari coreten-coretan yang tidak penting. Catatan yang kotor juga hanya akan menghambat niat kamu untuk membukanya.


2. Baca Ulang Materimu di Rumah
Nah, kalau catatan rapi, menarik untuk dibaca, otomatis niat untuk mengulang pelajaran juga terpacu. Baca santai saja adik-adik. Semakin sering dibaca, maka informasi yang kita baca akan melekat lama di memori otak kita. 

3. Pahami dan Hapal Kata-Kata Kunci Materi
Saat masa ujian sudah dekat, kalian hanya perlu menghapal kata kunci atau poin penting yang sudah kalian warnai tadi. Dalam satu hapalan, pahami kata kuncinya, sehingga untuk keterangan selanjutnya hanya perlu menambahkan penjelasan sesuai pemahaman kita saja. Banyak hal menarik yang bisa kita lakukan saat menghapal (untuk menghindari kejenuhan, atau otak merasa cepat lelah). Ada beberapa orang yang berhasil menghapal kalimat panjang dengan mudah dengan cara melantunkannya ke dalam satu irama lagu favoritnya. Jadi misalnya kalian ingin menghapal tentang virus, nyanyikan saja penjelasan mengenai virus dengan irama lagu favorit kalian.Menarik kan? Atau menghapalnya tanpa suara tapi sambil mendengarkan musik. Ada pula beberapa orang yang berhasil menghapal dengan mudah dengan cara mengucapkannya sekeras mungkin. Hal ini diterapkan loh oleh pelajar di salah satu sekolah ternama di Israel. Yang penting, temukan dahulu posisi atau cara ternyaman kalian untuk menghapal.

Nah, itu lah cara halalnya adik-adik. Ingat, mencontek itu pencurian, haram hukumnya. Yakin pada diri sendiri kalau kamu mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan soal-soal ujianmu. Kamu itu kan anak-anak yang pintar....


GOD BLESS
REGENNY

Related Post :