Maraknya aksi penipuan yang terjadi di era jaman canggih ini semakin meresahkan.Sangat disayangkan jika mereka yang memiliki keahlian khusus justru memanfaatkannya untuk meraup keuntungan dengan cepat, mudah, namun tak halal itu.Sepertinya pradigma untuk mendapatkan rezeki yang halal tak lagi dilakoni masyarakat di belahan dunia manapun.

Korban yang berjatuhan pun tak memandang kasta dan tingkat itelenjensi seseorang. Mereka yang lengah dan kurang teliti lah yang kebanyakan menjadi korban. Para pencari pekerjaan pun tak luput menjadi target korban penipuan.Waspadalah akan segala bentuk iklan lowongan kerja yang kita baca melalui media cetak ataupun elektronik. Selidiki terlebih dahulu untuk mengantisipasi bahwa anda bukanlah salah satu target operasi penipuan ini.

Pagi ini saya mendapatkan email dari sebuah situs yang memuat info-info lowongan kerja dari luar maupun dalam negeri. Email yang berisikan alarm pengingatan bagi saya yang juga merupakan pembaca dari situs lowongan kerja ini untuk berhati-hati terhadap modus penipuan. Saya membantu menyebarkan informasi ini karena Sangat informatif dan dapat dijadikan masukkan untuk kita supaya lebih berwaspada terhadap aksi-aksi penipuan. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca yang lain. Terima Kasih

Berikut kutipannya:

"Saat ini cukup banyak pihak yang ingin mengambil keuntungan dari kelengahan orang lain, salah satunya adalah dengan menggunakan kedok ‘perusahaan’. Menggunakan dalih mengundang interview kepada para pencari kerja, mereka meminta bayaran untuk dapat bergabung dan bekerja di perusahaan tersebut.

Ikuti beberapa langkah berikut untuk menghindari penipuan dari perusahaan fiktif:


  • Kredibilitas perusahaan
    Hal ini dapat dilihat dari informasi yang disampaikan pada saat mengundang interview, misalnya jika undangan dikirimkan via email maka HRD akan menggunakan email perusahaan, jika menggunakan telepon pastikan pihak HRD menggunakan telepon kantor.
  • Posisi yang ditawarkan
    Jangan sampai Anda membuang waktu Anda untuk datang ke sebuah interview yang berujung menawarkan multi level marketing atau tidak sesuai dengan iklan lowongan yang dipasang.
  • Pungutan Biaya
    Modus penipuan yang saat ini sering digunakan oleh pihak ‘perusahaan’ adalah memungut biaya dengan alasan pelatihan ataupun alasan lainnya, jika memang hal ini terjadi sangat disarankan Anda segera melaporkan hal ini kepada pihak yang berwajib.


Best regards,
LiNa
JobStreet.com

Related Post :