Penting! Jangan Lakukan Ini!

Penting! Jangan Lakukan Ini
Dear Enny Fridayanti,

Tahukah bahwa ada 2 hal yang akan menghambat karier ataupun masa depan karier Anda?

Jangan lakukan 2 hal berikut:
  1. No Show! Bila ada panggilan kerja dari Perusahaan sebaiknya senantiasa datang memenuhi panggilan tersebut, bila memang berhalangan sebaiknya Anda mengkonfirmasi ulang sebelum hari H, untuk menghindari adanya Black List dari perusahaan.
  2. No Update CV! Sebaiknya mengupdate CV bila ada perubahan yang terjadi, misalnya bila sudah bekerja, ataupun berpindah kerja ditempat lain, atau sudah naik ke posisi yang lebih tinggi.
Dua hal tersebut akan sangat mempengaruhi karier Anda, karena bila terlalu banyak tidak memenuhi panggilan interview akan terjadi Black List. Dan mengupdate CV adalah untuk memudahkan Anda tampil dalam urutan teratas pencarian kandidat oleh Perusahaan.

Menyangkut uraian di atas saya ingin berbagi pengalaman bagi pembaca yang turut menggunakan fasilitas melamar pekerjaan online.
Uraian di atas adalah seperti alarm pengingat jika kita ingin berhasil sebagai pelamar online.Dan saya baru saja menyadari bahwa saya adalah salah satu pelamar yang tak menyadari betapa pentingnya peringatan di atas (saya pun menyesal). Dan saya harap kejadian yang menimpa saya tidak dialami kalian pelamar via media online.

Penting untuk diperhatikan point pertama uraian di atas. Pihak perusahaan biasanya akan memberitahukan anda untuk ikut interview lewat email atau panggilan langsung. Untuk itu pastikan bahwa anda betul-betul menyertakan no yang bisa dihubungi setiap hari di jam kerja. Pastikan pula untuk selalu mengecek email masuk anda. Karena jika anda menyertakan no yang salah, hal tersebut akan menjadi catatan tersendiri bagi perusahaan jika di lain hari mendapatkan surat lamaran dari pelamar yang sama. Tidak mengkonfirmasi ketidak hadiran saat interview pun menjadi tambahan catatan bagi perusahaan bahwa anda bukan lah orang yang sungguh-sungguh berminat untuk bekerja.

Saya lebih dari 3 x mendapatkan panggilan interview, namun pada hari_H saya tidak hadir dan tanpa memberikan konfirmasi apapun. Begitu pula terhadap panggilan yang saya terima lewat email. Saya tidak melakukan konfirmasi ulang, akibatnya saya pun merasakan kini. Di saat benar-benar mendapatkan lowongan pekerjaan yang tepat dan di saat saya dengan sungguh memberikan resume dan di ssaat itu lah tidak ada panggilan atau balasan yang saya harapkan dari perusahaan tersebut. Saya bertanya, mengapa? Tak lama email yang memuat jawaban atas pertanyaan saya pun terima. Kemungkinan besar memang saja saya sudah dalam daftar hitam pelamar bagi mereka. So, teman-teman jangan mengulang kesalahan yang saya lakukan jika kalian tidak ingin merasakan dalam penantian yang tak pasti seperti yang saya rasakan saat ini. Keep on fighting guys..


GBU
REGENNY

Related Post :